Minggu, 11 September 2011

Me and Jogja....


 Kali ini aku ingin menceritakan bagaimana hidupku di jogja dan bagaimana aku menjalani hidup sebatang kara disini...
Banyak hal yang aku dapat selama kuliah di jogja ini...seperti,aku tahu cara ngemis yang baik sesuai EYD,aku tahu cara ngupil yang baik dan nikmat....haha..gak kok
Aku mulai mengetahui arti hidup setelah aku menginjakan kaki di tanah jogja ini dan ternyata hidup sebatang kara itu susahnya minta ampun,kita harus bisa me manage keuangan kita,kita harus bisa membagi waktu antara nongkrong bareng temen-temen dan waktu buat kuliah...
Aku mengerti hidup ketika pertama kali aku menginjakan kaki di jogja dan saat itu aku bersama bokap tercinta(jiaahhh...)pergi ke tanah jawa ini buat nyari kampus buat aku kuliah...ya iya laahh...masak buat aku jual diri....saat pertama kali nginjakan kaki di sini tuh rasanya kayak terbang ke bulan dengan paus akrobatis terbang menuju langit ke 7 dan menemukan rasi bintang paliiiiiiing cantik....(apa siih...?? haha) ya intinya tuh rasanya indah banget dan gak kebayang akhirnya aku bisa ke jogja,aku naik taksi bareng bokap...berhubung aku gak pernah sekalipun ke pulau jawa ini jadi bokap nemenin aku dan dia bilang kalo dia pernah ke jogja buat ngehadirin rapat teater....dan itu 9 tahun yang lalu....!!! kebayang di otak ku pada saat itu orang-orang masih menggunakan pakaian kesatria bak anggilng dharma dan naik kuda kemana-mana,serta Ramayana masih pakai popok...kebayang gak tuh....???   “bapak,engkau telah membuat anakmu sport jantung waktu itu....”
Yah berhubung aku udah di jogja,jadi yaahh...kunikmati aja....haha “We are Rock n Roll familiy...haha” tujuan pertamaku saat itu adalah asrama kalbar (berhubung aku asli papua jadi aku harus tinggal di sana..haha..gaka ada hubungannya ya..??haha) bokap Cuma tau kalo asrama kalbar ada di jogja dan celakanya bokap lupa tuh tempat dimana....*pingsan*
Tapi berhubung bokap ku Rock n Roll jadi dia nanya-nanya ke pohon,batu,tiang listrik...haha..gak gak...dia nanya penduduk disana,akhirnya kami pun menuju kesana dengan laknatnya....tapi apa yang terjadi,kami kelewatan,dengan indahnya tuh asrama terlihat dan menghilang di depan mataku....dan dengan enaknya juga si tukang taksi bilang dengan senyum najong nya “wah...kita kelewatan mas” (pak,aku gak mau mati nge-gembel di jogj pak T___T ) setelah sekian lama muter-muter akhirnya kita sampai dengan selamat dan disambut dengan asrama yang lebih tepatnya tuh rumah hantu....kami disambut dengan tiupan angin kencang serta daun yang berserakan di dinding..haha lantai...lantai....dengan suasana asrama yang sepi aku dan bokap masuk kedalam dan kami disambut dengan hangat oleh seorang laki-laki paruh baya dengan kepala yang udah gak ada hutannya lagi....kami pun nego dan akhirnya deal,aku pun tinggal disitu....
Banyak hal yang terjadi disana...seperti aku melihat tingkah laku serta pola-pola manusia,tingkatan kasta antar senior dan junior,kebersamaan,pertemanan yang erat,dll.Aku mempelajari sifat dan tingkah laku manusia-manusia seperti ini setiap hari..gimana caranya aku bergaul dengan spesies mereka,gimana caranya aku menasehati orang-orang seperti itu....
Tapi setelah 9 bulan 10 hari aku disana,aku merasa tertekan dan akhirnya memutuskan untuk pindah....ke kebun binatang.....haha....aku memutuskan untuk ngontrak dengan alasan ingin fokus kuliah dan mencari suasana baru...yang ada malah kuliahku berantakan,sering pulang pagi...akibatnya kuliahku ancur serta IP ku jeblok....!!! aku down dan aku brusaha bangkit dari keterpurukan...aku pun pindah lagi,kali ini aku memilih kost dengan alasan agar aku bisa bersosialisasi dengan penduduk serta manusia-manusia dari daerah-daerah lain...disitu aku mulai berusaha mengejar IP ku yang jeblok,tapi karena ada satu atau dua hal,IP ku makin jeblok...!!! nyokap ngamuk dan mengancam agar aku pulang kampung dan berhenti kuliah....saat itu aku frustasi,aku mencari alasan agar aku tetap bertahan di jogja ini,aku berjanji untuk menaikan IP ku....di saat itu aku menemukan bidadari yang turun ke dalam kloset,dia membuat gairah kuliahku memuncak,aku pindah kost lagi,kali ini aku memilih dekat dengan kampus agar akses nya lebih mudah jika ada hal-hal mendadak yang berhubungan dengan kampus.
Dia terus menyemangatiku,hingga akhirnya IP ku naik drastis,tapi dia saat itu memilih untuk meninggalkan aku...aku galau...nyari silet....bunuh diri....haha...gak kok...aku down untuk kedua kalinya,aku terserang penyakit yang paling populer saat ini...ya,galau akut....hari-hariku semakin terpuruk...dia memberikan bekas luka yang dalem banget di hati ini (jiaaahhh....bahasamu did did...haha) IP yang kuperjuangkan mati-matian udah gak ada artinya lagi,karena aku ngerasa aku mati-matian kuliah dan mendongkrak IP tuh hanya buat dia,ya karena dia yang buat aku bersemangat lagi dan meninggalkan dunia kegelapan yang udah lama ku geluti.
Hari-hari kulalui dengan luka yang gak pernah terobati hingga sampai aku nulis blog ini...kali ini aku lebih suka menyendiri dan menikmati apa yang dia berikan buat aku....yah, yang dia berikan adalah “galau” aku ngerasa kalo itu yang dia berikan buat aku yah aku terima karena aku laki-laki dan aku gak akan lari dari masalah sepedih apapun...teman-temanku selalu berusaha buat nyemangatin aku,tapi yah,maaf teman,aku memang ceria tapi bukan berarti aku gak galau lagi....aku menghargai usaha-usaha temanku dan kubayar dengan keceriaanku saat ini walaupun itu berat....”everything i give for you,my friends...your all my best friends in the world”.
Selasa,13 september 2010 jam 20:00 di geronimo cafe aku akan tampil perdana dalam acara Stand Up Comedy Yogyakarta.Aku memutuskan untuk ikut acara itu karena desakan dari teman-temanku serta keinginanku untuk menjadi seorang komedian dan menunjukan kepada dunia...”INI LOOOHHH...AKUUUU....!!!” haha.
Aku memilih ikut acara itu adalah untuk menghilangkan kegalauanku karena aku udah bosan dengan keadaanku yang seperti ini.aku udah muak...!!! ingin rasanya aku memecahkan gelas biar ramai seperti yang dikatakan mpok dian sastro dalam film AACD (Ada Apa Cengan Dinta).jadi yaahh...siapapun yang baca blog ini dan berada di wilayah Yogyakarta,bisa datang dan saksikan stand up comedian pendatang baru berinisial twitter : @adid_bayu (promosi...hahha).
Aku ikut acara itu bukan karena aku ingin jadi orang terkenal,tapi lebih karena aku ingin menghilangkan kegalauanku dan berbagi ceritaku kepada orang-orang dari sudut pandang yang berbeda,agar orang-orang galau yang tak terobati seperti aku setidaknya bisa melupakan masalah-masalah kegalauannya walaupun sejenak....yaitu dengan joke atau komedi.Hingga saat ini aku masih mempersiapkan mentalku untuk tampil didepan....gak kebayang tiba-tiba pak SBY dateng atau tiba-tiba Barack Obama gak sengaja lewat trus ngliat mukaku dan dia tertarik buat nonton....bisa mati ditempat aku...haha.
Ya itulah obsesi dan berhasil atau tidaknya suatu obsesi tergantung dari bagaimana usaha kita untuk menjalaninya.Dan intinya ya kita harus berusaha dan terus berusaha memberikan yang terbaik dari diri kita....
“YOU NEVER BE FAMOUS IF YOU NEVER TRY TO BE FAMOUS”
Segitu dulu postingan blog ku kali ini...walaupun gak jelas,ya harap maklum karena saat aku nulis bolg ini,jam di hapeku menunjukan pukul :  03:41 jadi ya rada-rada ngelantur....hehe
Aku gak sabar buat TRY TO BE FAMOUS.....entah gagal tau gak ya itu urusan belakangan...setidaknya aku udah mencoba dan berusaha......
CAYOO# ß bahasa tahun kapan ya ini ?  -____________-“ ...haha.

2 komentar: